Lyon tundukkan Marseille untuk tutup pekan sempurna

Jakarta (ANTARA News) – Olympique Lyon menutup pekan sempurna dengan kemenangan 4-2 atas tamunya Olympique Marseille pada pertandingan lanjutan putaran keenam Liga Prancis, yang dimainkan di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Senin dini hari WIB.

Pada tengah pekan, Lyon mengukir kejutan dengan keberhasilannya mengalahkan Manchester City di Liga Champions. Sebaliknya, Marseille menelan kekalahan di Liga Europa saat berhadapan dengan Eintracht Frankfurt.

Lyon membuka keunggulan melalui sepakan ke gawang pertamanya pada menit ke-30. Tanguy Ndombele menjadi kreator, dengan merangsek dari lini tengah dan memainkan operan satu-dua dengan Traore sebelum menyodorkan umpan yang mampu dimaksimalkan pemain muda Houssem Aouar.

Tuan rumah semestinya dapat menggandakan keunggulan ketika tekanan yang dilakukan Ndombele membuat ia dapat mencuri bola dari Morgan Sanson, dan Nabil Fekir memberi umpan kepada Memphis Depay, namun upaya pemain Belanda itu masih melebar.

Kegagalan itu dapat merugikan, sebab Marseille mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-39. Kali ini Pape Diop kehilangan bola di luar kotak penaltinya sendiri. Dimitri Payet kemudian menyodorkan bola untuk diteruskan Florian Thauvin menjadi gol ke sudut jauh gawang Anthony Lopes.

Lyon kembali memimpin pada menit ke-51 ketika Ndombele mengoper bola kepada Traore, yang bergerak memotong dari kanan sebelum melepaskan tembakan mendatar melewati kiper Yohann Pele.

Pemain Burkina Faso itu lagi-lagi menjadi sosok penting saat tuan rumah memperbesar keunggulan pada menit ke-60. Ia memainkan operan satu-dua dengan Fekir sebelum melepaskan tembakan yang terdefleksi Luiz Gustavo untuk kemudian masuk ke dalam gawang.

Baca juga: PSG teruskan start sempurna di Liga Prancis

Upaya Marseille untuk bangkit semakin berat ketika wasit menghadiahkan tendangan penalti kepada Lyon karena tekel Kevin Strootman terhadap Traore di dalam kotak terlarang pada menit ke-75. Fekir sukses menunaikan tugasnya mengeksekusi penalti untuk mengemas gol ketiganya dari tiga pertandingan di semua kompetisi.

Pemain pengganti Clinton Njie mengemas gol hiburan dengan melakukan penyelesaian terhadap assist Payet untuk memperkecil ketertinggalan. Namun semenit kemudian Duje Caleta-Car diusir keluar lapangan akibat pelanggarannya terhadap Traore.

Marseille kemudian harus tampil dengan sembilan pemain akibat cedera yang diderita Njie, dan mereka tidak dapat memasukkan pemain pengganti karena telah menggunakan tiga jatah pergantian pemain.

Kemenangan ini membawa Lyon menghuni peringkat ke-6 dengan koleksi sepuluh poin. Sedangkan Marseille berada tepat di atas mereka dengan jumlah poin yang sama.

Baca juga: Bordeaux kalahkan Guingamp untuk tambah penderitaan tim juru kunci

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Prancis:

Olympique Lyon (4-4-1-1): Lopes, Dubois, Marcelo, Denayer, Mendy, Traore, Diop (Tousart 75′), Ndombele, Aouar, Fekir (Terrier 88′), Depay (Dembele 60′)
Pelatih: Bruno Genesio

Olympique Marseille (4-2-3-1): Pele, Sakai, Caleta-Car, Gustavo, Amavi, Sanson, Strootman (NJie 76′), Thauvin, Payet, Ocampos (Kamara 64′), Mitroglou (Germain 64′)
Pelatih: Rudi Garcia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018