Menko Darmin Baru Tahu Kopi Dikembangkan Lebih Dulu Oleh Indonesia

JawaPos.com – Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengira kopi pertama kali dikembangkan oleh Amerika Latin. Namun, setelah dilakukan riset, dirinya baru menyadari jika Indonesia telah lebih dulu mengembangkannya dibandingkan Amerika.

“Saat di Fakultas Ekonomi UI, saya (melakukan) riset ekonomi dan perdagangan. Saya selalu mengira kopi lebih dulu dikembangkan di Amerika Latin dibanding Indonesia karena memang mereka lebih dominan dibanding kita,” ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (8/8).

“Tetapi semakin lama semakin saya tahu bahwa Indonesia dulu baru Amerika Latin. Bahkan saya masa kecil saya tidak pernah saya sadari ada di daerah dimana salah satu kopi terbaik di dunia di hasilkan sejak hampi 200 tahun lalu,” tambahnya.

Darmin bahkan menceritakan ada anak muda dari wilayah Mandailing yang dibawa ke Eropa pada tahun 1880-an. Pada saat itu, belum ada orang dari Jawa yang bersekolah di Benua Biru.

“Baru belakangan saya tahu ini urusan kopi di belakangnya. Karena yang namanya William Iskander itu dia pada waktu pulang dari belanda dia itu bikin sekolah dan ternyata dia bikin sekolah menggunakan gudang kopi belanda. Jadi semua ada hubungannya dengan kopi,” tutupnya.

(hap/JPC)

IDHOKI adalah AGEN SBOBET Resmi Terpercaya Indonesia dengan memberikan pelayanan 24 jam maximal dan transfer antar semua bank jika bank offline.